Perbedaan Haji Furoda Dan Juga Haji Plus Dari Harga Sampai Dengan Fasilitas

Haji ialah rukun Islam ke-5 yang patut dilaksanakan oleh umat muslim, dengan syarat kententuan utamanya adalah mampu melaksanak haji. Jika Anda sudah masuk dalam kategori mampu, baik fisik maupun materi, jangan menunda-nunda untuk mendaftarkan haji segera sesuai dengan kemampuan. Berikut perbedaan haji furoda dengan haji plus dari harga Sampai Dengan fasilitas.

Keberangkatan haji di Indonesia terbagi ke dalam beberapa kelas atau paket. Istilah ini di berikan nama dengan haji furoda dan juga haji plus mungkin anda sudah akrab mendengar namanya, terutama bagi sanak saudara Anda yang sudah pergi menunaikan ibadah haji. Lalu bagaimana, apakah yang menjadi dasar perbedaan antara haji furoda dan haji plus dari harga sampai dengan fasilitasnya?

Program Haji Resmi di Indonesia

Ada tiga jenis program haji resmi di Indonesia. Ketiganya memiliki perbedaan dari harga sampai dengan fasilitas. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Haji Reguler

Pertama adalah haji reguler. Jika Anda ingin mendaftar dengan menggunakan paket haji ini, anda harap bersabar untuk menunggu antrean. Haji reguler diatur berdasarkan kuota yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kemenag (Kementrian Agama). Pada umumnya, antrean haji reguler ini waktu tunggu antreannya berkisar 30 tahun lebih tergantung provinsi di Indonesia.

2. Haji Khusus (ONH Plus)

Selanjutnya adalah haji khusus atau yang dikenal dengan ONH Plus. Paket haji ini juga diatur berdasarkan kuota pemerintah melalui Kemenag (Kementrian Agama). Namun, biayanya lebih mahal dari haji reguler. Meski begitu, antrean haji plus ini lebih cepat dengan waktu tunggu keberangkatan berkisar 5-9 tahun.

3. Haji Mujamalah/Furoda

Terakhir ada haji mujamalah atau yang disebut haji furoda. Ini merupakan paket haji yang diatur dalam UU No. 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh.

Pada aturan tersebut tertuang bahwa haji mujamalah atau dikenal dengan haji furoda adalah program haji yang mendapat kuota khusus dari pemerintah Arab Saudi, legal dan resmi berdasarkan hukum tersebut. Peserta haji furoda akan langsung berangkat tanpa perlu antre.

Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus

Sebelumnya sudah disinggung soal haji furoda dan haji plus yang merupakan dua dari tiga program haji resmi di Indonesia. Berikut perbedaan haji furoda dan haji plus agar Anda bisa lebih paham.

1. Haji Furoda

Haji furoda adalah pelaksanaan haji yang merupakan undangan langsung dari Kerajaan Arab Saudi. Jamaah haji furoda berangkat menggunakan visa mujamalah yang dikeluarkan oleh setiap kedutaan negara tanpa menunggu antrean. Diatur dalam UU No. 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Kemenag tidak mengelola calon jamaah haji dengan visa mujamalah. Ini karena haji furoda menjadi hak Pemerintah Arab Saudi untuk mengundang mitra sebagai penghargaan, penghormatan dukungan diplomatik, dan lainnya.

Haji furoda dilaksanakan pada tahun yang sama ketika menerima visa dari pemerintah Arab Saudi. WNI yang melaksanakan haji furoda harus berangkat melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau perusahaan travel yang telah terdaftar di Kemenag RI. Langkah ini agar pemerintah bisa tetap memonitoring WNI yang melaksanakan ibadah haji. Namun, pelaksanaan haji furoda tidak terkait dan bukan menjadi tanggung jawab pemerintah Indonesia, melainkan tanggung jawab perusahaan yang bertindak sebagai Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

2. Haji Plus

Paket haji plus adalah salah satu program haji resmi di Indonesia yang masuk dalam kuota pemerintah melalui Kemenag. Namun, kuota haji plus biasanya tidak sebanyak haji reguler. Jadi, pihak travel bakal lebih leluasa memaksimalkan pelayanan kepada calon jamaah haji plus.

Tidak seperti haji furoda yang tidak perlu antre, haji plus tetap ada masa tunggunya sekitar 5-9 tahun. Nantinya, calon jamaah haji yang mendaftar bakal mendapatkan nomor porsi haji setelah pendaftaran di Kemenag rampung. Sementara, waktu pemberangkatan haji plus biasanya dilakukan setelah jamaah haji reguler berangkat seluruhnya. Program haji plus jelas lebih mahal ketimbang reguler, ini disesuaikan dengan masa tunggu dan fasilitas yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.